Selasa, 01 Januari 2019

Aneka Makanan Bogor


1. Cungkring Pak Jumat


Cungkring adalah modifikasi dari sate meski makanan ini tidak ditusuk seperti sate pada umumnya. Cungkring terbuat dari kulit kaki sapi dan beberapa urat lainnya. Dalam penyajiannya, kulit yang agak alot itu diberi bumbu kacang mirip sate dan diberi lontong sebagai karbohidratnya. Sebelum disiram dengan kuah kacang, bisanya cungkring juga diberi keripik tempe sebagai pengganti kerupuk. Kalau kamu sedang berada di Bogor jangan lupa untuk pelesir ke Jalan Suryakencana dan memburu Cungkring Pak  Jumat yang telah berjualan sejak tahun 1975.
Alamat: Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Jam Operasional: Pagi hingga habis
Harga: Sekitar Rp5.000,00

2. Pepes Sagu 


 Kalau biasanya pepes dibuat dari bahan ikan atau protein lainnya. Di Bogor, kamu akan menemu pepes yang terbuat dari sagu. Rasanya tidak asin, tapi manis dengan isian yang beraneka ragam. Kamu bisa mencoba pepes keju, pisang, nangka, dan masih banyak lagi. Pemiliknya yang bernama Daniel akan dengan sabar melayani dan membakar pepes pesanan kamu agar bisa dimakan dalam keadaan hangat.





Nama: Pepes Sagu Gang Aut

Alamat: Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Jam Operasional: 09.00-15.00
Harga: sekitar Rp3.500 per bungkus

3. Lumpia Bogor

           





Yang membedakan antara Lumpia Bogor dengan Lumpia Semarang adalah isiannya. Kalau lumpia dari Semarang menggunakan rebung, telur, ayam, dan bumbu penyedap lain. Lumpia bogor menggunakan irisan bengkuang. Ya, rebung diganti dengan bengkuang yang dimasak dengan tahu, ebi, dan telur. Dalam penyajian, lumpia khas Bogor ini tidak digoreng. Isian hanya diletakkan di atas pembungkus lalu dimakan begitu saja dalam bentuk lumpia basah.




Laksa Aut Khas Bogor [image source]

Nama: Lumpia Basah

Alamat: Jl. Suryakencana No.116, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia
Jam Operasional: 09.00-18.00
Harga: sekitar Rp12.000,00 per porsi

4. Laksa Aut Khas Bogor “Mang Wahyu”






Laksa Aut Khas Bogor yang terletak di kawasan Gang Aut hanya berdiri di atas bangunan semi permanen. Meski demikian, laksa ini telah bertahan selama puluhan tahun dan selalu menjadi buruan banyak warga Bogor dan pelancong. Yang menjadikan laksa ini sangat khas adalah isiannya yang unik. Bihun, tahu, tauge, dan telur disiram bumbu kuning. Kuah yang nikmat ini bercampur dengan cita rasa oncom yang khas. Benar-benar sempurna!




Laksa Aut Khas Bogor Mang Wahyu [image source]

Nama: Laksa Aut Khas Bogor “Mang Wahyu”

Alamat: Jl. Surya Kencana, Gang Aut, Gudang, Bogor Tengah, Jawa Barat 16131, Indonesia
Jam Operasional: 07.00-15.00
Harga: sekitar Rp15.000,00

5. Asinan Sedap Gedung Dalam





Seiring dengan berjalannya waktu, Asinan Gedung Dalam yang terletak di kawasan Siliwangi mulai digemari banyak orang. Bahan berkualitas, bumbu yang nikmat, serta kemasan yang praktis membuat semua orang rela antre. Kalau kamu kebetulan sedang berada di Bogor, jangan lupa untuk menyantap asinan sayur atau asinan buah yang rasanya nikmat dan menyegarkan.




Asinan Jagung Bakar Pak Sabur [image source]

Nama: Asinan Sedap Gedung Dalam

Alamat: Jl. Siliwangi No.27C, Sukasari, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16142, Indonesia
Jam Operasional: 09.00-21.00
Harga: –

6. Combro Gang Aut

            





Kalau singkong biasanya diolah menjadi makanan manis seperti getuk atau jemblem, maka di Bogor bahan itu diubah menjadi combro. Singkong diparut lalu dibumbui dengan sedikit garam. Sebagai isian ada olahan oncom yang dibumbui super pedas. Kadang ada cabai yang sengaja ditaruh di dalamnya agar menimbulkan sensasi pedas yang meledak.

Nama: Combro Gang Aut
Alamat: Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Jam Operasional:  Pagi hingga sore hari.
Harga: Mulai Rp2.500,00 per biji

7. Bakso Kikil Pak Jaka

 

 

Sekilas penampakan kedai Bakso Kikil Pak Jaka sangat sederhana. Namun, rasa makanannya sangat menggoyang lidah. Baksonya sangat empuk dan tekstur daging terasa. Selain itu urat dan kikil yang ada dalam kuah juga membuat siapa saja menjadi ketagihan. Oh ya, bakso ini lumayan terkenal dan jadi langganan para pejabat dan artis ibu kota.




Bakso Kikil Pak Jaka, Bogor [image source]

Nama: Bakso Kikil Pak Jaka

Alamat: Jl. Suryakencana No.287, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia
Jam Operasional: 13.00-18.00
Harga:  Sekitar Rp20.000,00




EmoticonEmoticon